Home » » Jejaring Sosial Informatif

Jejaring Sosial Informatif


Kemajuan dalam bidang science khususnya teknologi informasi mempermudah segala aktifitas kehidupan manusia. Sarana yang diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah gerak laju aktifitas manusia ditemukan dari software sampai hardware. Implikasi dari penemuan - penemuan tersebut suatu keberhasilan dimana pada saat itu orang masih memikirkannya sekarang sudah bisa memakainya atau menggunakan hasil cipta karya manusia. Hal ini merupakan salah satu kemajuan dari peradaban kehidupan manusia itu sendiri, dengan akalnya manusia berusaha memecahkan permasalahan - permasalahan yang dihadapi dan mencari solusi untuk menangglanginya lagi sebagai upaya preventif.
 

Era globalisasi dimana lunturnya batas - batas wilayah geografis sehingga mempermudah umat manusia untuk berinteraksi dengan orang lain di belahan dunia laiinnya. Globalisasi seiring dengan kemajuan dalam bidang teknology dan informasi dimana orang bisa mekakses informasi dan terjalinnya komunikasi dalam begitu singkat bahkan dalam genggaman, mungkin pepatah orang tua dulu bahwa suatu saat nanti orang akan bisa menggenggam dunia ini lah saatnya. Buktinya kita bisa berkomunikasi dengan orang - orang yang berbeda bangsa, negara dan budaya hanya melalui genggaman kita tanpa perlu kita mengunjunginya langsung atau bertatap muka.



Social Media yang saat ini sedang di gandrungi oleh hampir seluruh umat di bumi ini adalah salah satu fasilitas hasil dari pemikiran itu. Media sosial yang hadir saat ini banyak sekali, orang bisa bergabung dan berinteraksi dengan orang lain bahkan dengan orang yang tidak kenal sebelumnya. Media sosial merupakan salah satu fasilitas untuk berinteraksi atau bersosialisasi di dunia maya atau jejaring sosial melalui internet. Ada yang grais dan tidak jarang ada pula yang berbayar. beberapa socmed yang terkenal diantaranya Facebook, twitter, netlog, Skype, Yahoo Messenger, MSN, Google+, My space dan masih banyak yang lainnya. itu semua merupakan salah satu jejaring sosial yang terkenal dan banyak usernya.
Semakin berkembangnya sosial media kepelayanan yang lebih baik namun tidak sebanding lurus dengan pengetahuan para usernya seperti dikalangan remaja dan ABG labil yang sering menjadi korban dari penyalah gunaan sosial media tersebut. Negara berkembang seperti Indonesia ini tingkat informasi yang diserap oleh para remaja tentang pemanfaatan sosial media ini kurang begitu diperhatikan sehingga modus bagi para account anonim yang memanfaatkan dari kurangnya pengetahuan tersebut. Tidak jarang user dari socmed ini menyalah gunakannya untuk melakukan penipuan, bisnis haram, atau transaksi seksual. Namun itu hanya sekian persen, banyak orang yang memakai jaasa sosial media sebagai sarana promosi produk dari usahanya, sharing informasi tentang informasi aktual yang terjadi disekitarnya.
Pemanfaatan sosial media ini seharusnya sudah mulai ditanamkan oleh orang disekitar para user tersebut, sehiingga internet yang sehat atau penyalah gunaan atau korban dari sosial media ini tidak terjadi. Perubahan sikap dan perilaku sebagai suatu konsekuensi dari mudahnya fasilitas berinteraksi ini cenderung lunturnya empati terhadap sekitarnya. Kenapa terjadi demikian, karena berhubungan dengan orang lain itu tidak perlu bertemu langsung sehingga mereka tidak menyadari bahwa ketika bertatap muka langsusng kita bisa mengenali karakter orang dari berbagai perspektif seperti dari tingkat berpikirnya, psikologisnya, karakternya hal - hal semacam ini akan sulit ditemui ddalam social media. Bagaimana kita akan mengenal orang kalau kita sendiri saja tidak pernah bertemu. Oleh sebab itu pendampingan dari orang dewasa itu sangat penting, dalam upaya pencegahan dari penyalahgunaan sosial media atau yang lebih parah lagi menghindari jadi korban.
Pada dasarnya pemanfaatan socmed itu harus difahami oleh kita selaku para user, misalkan saja di facebook orang bisa mengupload gambar bahkan gambar - gambar pribadi, selain dari pada menulis status apa yang sedang dirasakan atau dialami oleh pemilik akun tersebut. sebagai pengguna yang baik pertama kita hindari mengupload foto yang bersifat mengundang pada hal - hal yang negatif terhadap kita selaku pemilik account, karena apa yang kita tulis dan kita unggah sebagai representatif dari diri kita seutuhnya meskipun itu hanya sebagian kecil dari diri kita yang kita unggah ke internet. Kedua hindari berteman atau mengikuti orang - orang yang belum dikenal atau masih ragu - ragu sebagai upaya untuk keamanan account kita sendiri, karena ketika kita menambahkan atau mengajak berteman rata - rata melihat kepada tentang informasi pribadi dan foto terlebih dahulu baru menerima. Apabila merasa tidak nyaman dengan permintaan kita, kita bisa diblok selama beberapa hari, meskipun tidak selamanya. Ketiga sharing lah informasi yang memang penting dan perlu diketahui oleh halayak ramai sebagai bentuk dari pemanfaatan sosial media bagi kemajuan peradaban berpikir manusia. Keempat rubahlah paradigma kita tentang socmed itu sendiri.
setiap sosial media memiliki karakter sendir - sendiri dengan tampilan  dan pelayanan yang menarik dan unik. seperti Twitter ketika akan follow atau unfollow orang bisa followtanpa perlu konfirmasi dari kita.Bukan hanya itu saja kita juga tidak dibatasi untuk mengikuti atau diikuti oleh orang lain berbeda dengan facebook yang dibatasi maksimal dengan 5.000 orang teman. di dalam twitter kita bisa mendapatkan kuliah lewat twitter dan informasi - informasi yang up to date sehingga banyak orang yang beralih menggunakan twitter dan tampilan nya pun simple. Bikin twitt yang kurang informatif biasanya jarang yang mention, (mention sebutan buat balas twitt kita) kecuali yang sedang in atau menjadi trend setter. Ikutilah orang - orang yang memang bisa mempertanggungjawabkan apa yang mereka twitttkan, untuk menghindari disinformasi.
memang ini hanya persepsi saya pribadi tentang sosial media yang memang saat ini sedang menjamur di kalangan remaja dan kalangat elit pejabat publik di negeri kita Indonesia. Kalau ABG tidak memiliki socmed bisa dikatakan out of date atau kamseupay sehingga membuat mereka gencar memperbanyak teman dan follower dan membuat mereka bangga apabila punya ribuan teman da ribuan followers padahal itu bukan jaminan akan eksistensi kita dalam kehidupan nyata bukan di internet atau dunia maya.
 

1 komentar:

Student Ambassadors
Firefox OS
Download Beta

DBMFanPage

 
Support : Sapiperjaka.com | Supirpete2.com | daenggassing.com
Copyright © 2014. Makassar | Daeng Becak MKS - Makassar Dalam Genggamanmu
Dipersembahkan Oleh Daeng Becak MKS Admin Muhammad Guntur
Webblog Informatif Makassar