Home » » Pulau Samalona Makassar

Pulau Samalona Makassar



Pulau Samalona merupakan pulau kecil yang berada di selat Makasar. Untuk letak tepatnya di sebelah barat daya dari provinsi Sulawesi Selatan. Pulau ini juga termasuk wilayah kota Makasar, secara administratif. Dan tepatnya terletak di sebelah barat kec. Wajo, Makasar, yang berjarak sekitar 2 Km dan akan terlihat secara jelas dari kecamatan tersebut.





 Anda bisa menggunakan perahu nelayan apabila ingin menuju kesana dan perahunya sendiri sudah menggunakan mesin dan untuk kesana akan memakan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Anda juga dapat menyebrang dari benteng Fort Rotterdam, karena dermaga kapal terdapat disana. untuk satu hari anda harga sewa perahu sekitar 300 ribu rupiah. Bagi anda  yang ingin beramalam di pulau ini biaya sewanya sekitar 400 ribu. Disana  juga terdapat mercusuar  yang berdiri, yang diguanakan untuk kapal-kapal besar sebagai tanda batas daratan. 

Apabila anda ingin sedikit menghemat pengeluaran, maka ada harus membawa tenda dari rumah dan kemping di pulau ini. Karena di pulau ini juga terdapat banyak tempat yang lapang untuk mendirikan tenda dan untuk keamanan sendiri sudah terjamin .Meskipun akomodasi sudah banyak tersedia di pulau ini. Untuk fasilitas dan kenyamanan juga tidak sebanding dengan harga sewa. karena harga sewa disana cukup mahal.

 Sebenarnya di pulau ini banyak daya tariknya seperti diving dan snorkling. anda dapat  melihat kapal-kapal yang karam peninggalan perang dunia ke dua., pada saat anda melakukan diving di pulau ini. Sekarang tempat itu dijadikan  tempat tinggal bagi ratusan penghuni laut , yang jenisnya sangat beragam. Apabila anda melakukan snorkling, disana selain peralatan yang disewakan kurang terawat juga kurang menarik. Pada saat anda  melakukan snorkling pun, anda dapat  melihat sesuatu yang menarik, yang terlihat batu – batuan dan oleh penduduk setempat dibilang sebuah karang yang tertata rapi. Karang tadi itu difungsikan untuk menahan beberapa sisi pulau dari abrasi air laut.

Di pulau ini sangat indah panoramanya, karena disana anda dapat menikmati matahari terbenam. Waktu yang tepat berkunjung kesana adalah pada saat musim kemarau tiba, karena waktu itu sangat cocok sekali.  jika anda beruntung saat liburan kesana, anda akan melihat matahari yang terbenam dengan indah kemolekannya. Selain itu disana juga terdapat suguhan suasana malam hari kota Makassar di kejauhan dari Pulau Samalona yang sangat wooow, terpancar ribuan cahaya berkilau dari kota Makassar dan akan dapat anda lihat dari pulau Samalona ini.


Pulau Samalona dengan kelebihan dan kekurangannya, juga dapat menjadi tempat yang cocok untuk liburan dari kepenatan dan kesibukan anda sehari-hari. jika anda ingin menyendiri, tempat ini sangat cocok buat anda, meskipun  lokasi dari pulau ini sangat dekat dengan kota Makassar, tetapi disana menyediakan suasana yang sunyi senyap dan jauh dari keramaian kota. Banyak wisatawan yang suka dengan hal begituan.  Untuk melepas kejenuhan dengan aktifitas dan ingin menyendiri ke pulau terpencil  
Beberapa tips pergi ke pulau samalona:
  • Harga penginapan disana antara 300 – 500 ribu rupiah untuk per harinya, semua itu tergantung dengan fasilitas yang disediakan, tetapi kalau anda pintar menawar dan raja tega mungkin harga diatas tadi dapat turun lagi.
  • Pada saat anda melakukan snorkling anda harus menyewa dengan harga 30 ribu satu set dan 50 ribu dua set.
  • Ikan disana dijual dengan mahal sekitar 30 ribu untuk ikan yang kecil, karena disana orang-orang jarang yang mencari ikan di pulau ini, harganya menjadi mahal karena ikan hanya di beli dari para nelayan
  • Jikalau anda ingin melihat matahari terbenam disana, pada siang hari berangkatlah ke pulau ini dan kembali ke kota Makassar pada esok harinya, dan anda juga jangan datang pada saat musim penghujan, karena pada musim tersebut awan tebal cenderung banyak terbentuk, dan kesempatan untuk menikmati sunset dan sunrise yang perfect akan hilang.
  • Di pulau ini tidak terdapat  air tawar kecuali anda harus membeli dengan harga mahal di toko-toko setempat, anda cuman bisa mandi pada saat hujan tiba. membawa air minum secukupnya sebelum datang ke pulau ini, itu lebih baik.
  • Bawalah juga lotion anti nyamuk, walaupun ditengah laut, disana banyak nyamuk lokal cukup kejam untuk menghisap darah.

View Larger Map

0 komentar:

Posting Komentar

Student Ambassadors
Firefox OS
Download Beta

DBMFanPage

 
Support : Sapiperjaka.com | Supirpete2.com | daenggassing.com
Copyright © 2014. Makassar | Daeng Becak MKS - Makassar Dalam Genggamanmu
Dipersembahkan Oleh Daeng Becak MKS Admin Muhammad Guntur
Webblog Informatif Makassar